Cargo Jogja – Gilimanuk, Jembrana

(1 ulasan pelanggan)

Rp6.000

Sewukuto Jogja melayani pengiriman cargo dan segala macam barang dari Yogyakarta ke Gilimanuk, salah satu kelurahan di Kabupaten Jembrana, Bali, yang populer dengan Pelabuhan Gilimanuk-nya. Kota Gilimanuk merupakan pintu gerbang masuk ke Bali dari tanah Jawa.

SKU: JOG-GIL-BLi Kategori: Tag: , , , , , , , Brand:Sewukuto
Berat Minimum : 50 Kg
Lead Time : 4 - 5 hari
Keterangan : Sejak truk berangkat

Deskripsi

Kota Gilimanuk terbilang populer bagi masyarakat Jawa. Soalnya, ketika bicara jalan-jalan ke Bali, orang pasti teringat pada penyeberangan kapal ferry dari Pelabuhan Ketapang di  Banyuwangi, Jawa Timur, ke Pelabuhan Gilimanuk. Berada di ujung Barat Pulau Bali, Gilimanuk memang menjadi pintu gerbang masuk ke Pulau Bali dari tanah Jawa. Sewukuto Jogja pun begitu. Setiap kali mengirimkan barang dan cago dari Jogja ke berbagai kota di Pulau Dewata, termasuk ke Gilimanuk, pasti menyeberangi Selat Bali dan mendarat di Gilimanuk.

Gilimanuk adalah kelurahan –dan satu-satunya kelurahan– yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Melaya, salah satu dari 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana. Di tingkat kecamatan, luas wilayah Gilimanuk terbesar kedua setelah Desa Melaya: 56 kilometer persegi versus 60.74 kilometer persegi. Total luas wilayah Kecamatan Melaya, yang terdiri dari 1 kelurahan dan 9 desa, mencapai 197,19 kilometer persegi, kata buku Kecamatan Melaya dalam Angka 2020 terbitan BPS Jembrana. Soal berapa banyak jumlah penduduk per desa atau kelurahan, BPS tidak mencatatnya. Catatan lain yang ada : Gilimanuk punya hotel non-bintang terbanyak (8 hotel) dan BTS selular terbanyak dan dengan sinyal kuat (8). Dan soal obyek wisata, Gilimanuk terbilang jadi penerima wisatawan lokal terbanyak dengan 2 obyek wisata terlaris: Teluk Gilimanuk dan Museum Manusia Purba Gilimanuk.

Bagaimana dengan Pelabuhan Gilimanuk: bisakah membuat pemerintah lokal kaya raya? Ternyata tidak. Atau tidak secara langsung. Soalnya, hingga saat ini, seluruh pendapatan di Pelabuhan Gilimanuk dikantongi PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP), sebagai pengelola pelabuhan, dan disetorkan ke pemerintah pusat. Alias tidak ada yang menjadi pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Jembrana. Meski begitu, sejak awal tahun ini sudah mulai didiskusikan cara agar Pelabuhan Gilimanuk bisa ikut menyumbang PAD Jembrana. Dan sekedar info ekstra, di era Covid-19, mulai 1 Mei 2020, ASDP sudah menaikkan tarif penyeberangan ferry dari Ketapang – Gilimanuk dan sebaliknya.

Berapa pendapatan Pelabuhan Gilimanuk? Tak ada info spesifik. Yang jelas, Februari 2020 lalu ASDP mengungkap kalau di musim lebaran, uang tunai yang beredar di loket 4 pelabuhan andalan ASDP berkisar antar Rp 5 – 8 miliar per hari. Dan ini membuat ASDP pusing.  “Kalau bank, angka segitu normal. Ini di pelabuhan. Kebayang tidak dampak bocornya segimana,” kata Dirut ASDP Ira Puspadewi. Karena itu, agar uang tidak menumpuk di pelabuhan, ASDP terus mengupayakan penerapan reservasi online dan pembayaran non-tunai di 4 pelabuhan andalannya. Pelabuhan yang dimaksud tak lain Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Pendapatan keempatnya menyumbang 50 persen pendapatan ASDP, plus menyumbang 70 persen laba ASDP. Pada 2019, pendapatan ASDP mencapai Rp 3,2 triliun dan laba bersih sebelum diaudit sebesar Rp 351 miliar.

Itu tadi angka tahun 2019. Bagaimana dengan di era Covid-19? ASDP sadar bisnisnya akan merosot. Walhasil PT ASDP Indonesia Ferry cepat-cepat merevisi target pendapatan yang sudah dibuat awal tahun: pendapatan Rp 3,8 triliun dan laba Rp 323 miliar. Target barunya, yang dibuat Agustus lalu: pendapatan Rp 2,54 triliun dan laba bersih Rp 35 miliar. Beberapa waktu sebelumnya, perusahaan pelat merah ini sempat bilang tak bakal bisa meraih laba dan berpotensi rugi hingga Rp 478 miliar.

Tertarik untuk ikut menyumbang pendapatan bagi ASPD, atau Pelabuhan Gilimanuk, atau Kelurahan Gilimanuk, atau Kabupaten Jembrana? Gampang caranya. Rajin-rajin saja mengirim barang dan cargo dari Yogyakarta untuk para mitra bisnis dan mitra kerja di Gilimanuk dan Bali dengan menggunakan jasa Sewukuto Jogja. Barang dan cargo Anda akan diangkut dengan truk dari Jogja sejauh 600 kilometeran ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, dan kemudian diseberangkan dengan kapal ferry milik ASDP ke Gilimanuk. Tarif cargo Sewukuto Jogja murah dan cargo bisa sampai di lokasi tujuan dengan cepat dan tepat waktu.

1 ulasan untuk Cargo Jogja – Gilimanuk, Jembrana

  1. Avatar

    Admin Sewukuto

    Silahkan hubungi Customer Service kami untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut…

Tambahkan ulasan