Cargo Jogja – Nunukan, Kalimantan Utara

Rp15.000

Sewukuto Jogja melayani pengiriman barang dan cargo dari Yogyakarta ke kota Nunukan, ibukota Kalimantan Timur. Kota Nunukan berada di Pulau Nunukan, terpisah dari Pulau Kalimantan,  dan berseberangan dengan wilayah negara tetangga Malaysia.

SKU: JNU-KLU Kategori: Tag: , , , , , Brand:Sewukuto
Berat Minimum : 50 Kg
Lead Time : 8 - 9 hari
Keterangan : Sejak kapal berangkat

Deskripsi

Sewukutu Jogja melayani pengiriman barang dan cargo dari Jogja ke Nunukan. Nunukan yang dimaksud adalah kota Nunukan, kota yang berada di Pulau Nunukan, yang jadi ibukota Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pulau Nunukan sekarang sudah terbagi menjadi dua wilayah kecamatan: Kecamatan Nunukan dan kecamatan  hasil pemekarannya : Kecamatan Nunukan Selatan.

Kantor Bupati Nunukan berada di sisi timur Pulau Nunukan dan masuk wilayah Kecamatan Nunukan Selatan. Wilayah kecamatan ini kecil, hanya separuh Pulau Nunukan, atau tepatnya belahan timur Pulau Nunukan. Mengapa disebut Kecamatan Nunukan Timur, dan malah disebut Kecamatan Nunukan Selatan Entahlah. Mungkin karena di sana sudah terlanjur ada Kelurahan Nunukan Timur. Adapun wilayah Kecamatan Nunukan jauh lebih luas karena selain mencakup belahan barat Pulau Nunukan, wilayahnya juga berada di daratan yang ada di Pulau Kalimantan.

Pengiriman cargo dari Jogja ke kota Nunukan dilakukan dengan terlebih dahulu mengangkut cargo dengan truk ke Pelabuhan Tanjung Perak,  Surabaya. Dari Tanjung Perak barulah cargo diangkut dengan kapal laut ke Pelabuhan Nunukan, alias Pelabuhan Tunon Taka. Pelabuhan Nunukan berada di sisi utara Pulau Nunukan dan berseberangan dengan wilayah negara tetangga Malaysia. Pelabuhan Nunukan dikelola oleh Pelindo IV Cabang Nunukan. Induknya, Pelindo IV, singkatan dari PT Pelabuhan Indonesia IV, berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kalau kebetulan frekuensi kapal yang langsung berlayar dari Surabaya ke Nunukan sedang rendah, cargo biasanya ditransitkan terlebih dahulu ke Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur, dan kemudian disambung dengan kapal lain dari Balikpapan ke Nunukan. Kapal dari Balikpapan ke Nunukan lebih banyak karena Nunukan, dan juga seluruh wilayah Kalimantan Utara, di masa lalu merupakan bagian dari Kalimantan Timur.